Data Mining Penempatan Produk Di Supermarket Dengan Algoritma Apriori

Langkah-Langkah yang dibutuhkan untuk pembangunan aplikasi data minning Penempatan Produk Di Supermarket Dengan Algoritma Apriori adalah analisis,


Analisis System
Analisis sistem merupakan penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.

Hal-hal yang dianalisis pada tahap analisis sistem adalah analisis masalah, analisis fungsional, analisis prosedur sistem yang sedang berjalan, analisis aliran informasi, analisis pengkodean, analisis basis data, dan analisis kebutuhan non-fungsional

Analisis Kebutuhan
Analisis kebutuhan adalah suatu proses yang sistematik dari pengembangan kebutuhan. Analisis kebutuhan merupakan cara yang efektif untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang muncul dalam sebuah penelitian. Dalam analisis kebutuhan perlu dilakukan suatu perencanaan, pengumpulan data dan analisis data

Analisis Data
Analisa data dilakukan setelah data terkumpul dan sesuai dengan kebutuhan sistem ini. Oleh sebab itu, untuk menghasilkan kesimpulan berdasarkan aturan (rule) pada analisis data, diperlukan data transaksi yang telah dibeli konsumen. Analisis data tersebut dilakukan berdasarkan teknik aturan asosiasi menggunakan algoritma apriori dengan beberapa iterasi atau langkah-langkah.


Berikut adalah contoh perhitungan manual Algoritma Apriori

1.Sampel Data
Pada contoh ini Data yang diambil merupakan data transaksi pembelian produk pada bulan April tahun 2017 pada Supermarket. Data tersebut adalah data yang mewakili keseluruhan data transaksi sebanyak 20 transaksi dan dapat dilihat pada


Tabel 1.

2.Pengelompokkan Daftar Produk Berdasarkan Data Transaksi
Dari Tabel diatas terdapat 20 transaksi yang masing- masing transaksi terdapat beberapa produk atau item yang dibeli oleh konsumen di Supermarket. Untuk itu item yang dibeli diberikan kode produk untuk mempermudah dalam pencarian rule seperti tabel berikut:

Tabel 2

3.Analisis Pencarian Pola Frekuensi Tinggi
Dari Tabel diatas Misalkan diberikan nilai minimum support = 15% (ะค=3 dari 13 transaksi) dan kemudian dilakukan pencarian nilai support pada masing-masing item dengan rumus :

Berikut perhitungannya :
Langkah 1
Mencari C1 (Kandidat 1-itemset) seperti berikut :

Tabel 3 C1 (Kandidat 1-itemset)

Langkah 2 :
Berdasarkan Tabel 3 yang berisi item-item dengan support yang dimilikinya, selanjutnya cari L1={large 1-itemset} dengan memilih item yang memenuhi nilai minimum support =15% seperti pada tabel 4 berikut.

Tabel 4 L1 (Large 1-itemset)

Langkah 3
Proses selanjutnya yaitu menghasilkan kandidat 2-itemsets atau C2, dengan melalui tahap join (gabung) yaitu dengan mengkombinasikan produk atau item yang ada pada Tabel 4 maka akan dihasilkan Tabel 5:
Support_count adalah jumlah kombinasi item yang ada pada transaksi penjualan produk, yang berarti seberapa sering kombinasi item tersebut muncul pada transaksi.

Tabel 5  C2 (Kandidat 2-itemset)

Langkah 4
Langkah selanjutnya adalaha pembentukan Aturan Asosiasi (Association Rule), yaitu setelah semua pola frekuensi tinggi ditemukan, barulah dicari aturan asosiasi yang memenuhi syarat minimum untuk confidence aturan asosiatif A→ B minimal confidence = 60%, nilai confidence dari aturan A → B diperoleh dengan rumus berikut :

Dari kombinasi 2 itemset yang telah ditemukan dapat dilihat besarnya nilai support, confidence dari calon aturan asosiasi seperti tampak pada tabel dibawah ini.

Tabel 6 : Aturan Asosiasi

Langkah 5
Proses terakhir adalah aturan Asosiasi Final, aturan asosiasi final terurut berdasarkan minimal support dan minimal confidence yang telah ditentukan, dapat dilihat pada tabel dibawah ini




Dan setelah cara perhitungan manual algoritma apriori di dapat, selanjutnya akan di buat programnya. berikut adalah tampilan programnya

1.Form Login
Form login akan tampil sewaktu aplikasi pertama dijalankan


2.Halaman Administrator
Jika berhasil login, maka akan diarahkan ke halaman main administrator, pada halaman ini user dapat link kebeberapa form diantaranya adalah form item master, item set dan apriori proses


3. Form Item
Pada form item ini, seorang user dapat melakukan insert, update dan delete data item


4. Form Item Set
Pada form item set ini, seorang user dapat melakukan insert, update dan delete data item set yaitu transaksi dari tiap no.faktur



5. Form Apriori Proses
Pada form ini akan dilakukan proses perhitungan algoritma apriori dengan support 30 dan confidence 60 berikut hasil akhirnya.


Selesai .. untuk support dan confidence bisa ditentukkan nilainya


Sistem Pakar Dengan Menggunakkan Algoritma Certainty Factor

Dalam pembangunan aplikasi sistem pakar dengan menggunakkan algoritma CF (Certainty Factor) ada beberapa hal yang harus dipersiapkan,  pada postingan ini studi kasusnya adalah (Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Manusia )

Sebelum lanjut ke tahapan-tahapan pembuatan aplikasinya berikut adalah menghitung manual algoritma certainty factor (CF) untuk mendapatkan nilai CF penyakit Tumor kulit

No Gejala Penyakit CF
1 Gatal kronis dan sering kambuh Tumor kulit 0.9
2 Muka pucat/muka merah Tumor kulit 0.6
3 Alergik dimulai dari usia dini Tumor kulit 0.8
4 Kulit bersisik Tumor kulit 0.9
5 Gatal bila berkeringat Tumor kulit 0.9


Berikut adalah manual perhitungannya

CF(A) = CF(1) + CF(2) * [ 1 – CF(1) ]= 0,9 + 0,6 * (1 – 0,9) = 0,9600
CF(B) = CF(3) + CF(A) * [ 1 – CF(3) ]= 0,8 + 0,96 * (1 – 0,8) = 0,9920
CF(C) = CF(4) + CF(B) * [ 1 – CF(4) ]= 0,9 + 0,992 * (1 – 0,9) = 0,9992
CF(D) = CF(5) + CF(C) * [ 1 – CF(5) ]= 0,9 + 0,9992 * (1 – 0,9)= 0,99992


Dari perhitungan secara manual di atas, didapatkan nilai faktor kepastian dari masukan gejala yang mengarah ke penyakit
Tumor kulit adalah 0,99992

Selanjutnya adalah tahap pembuatan aplikasinya

Untuk membuat aplikasi ada 3 tahapan yang harus dilakukan yaitu

1. Pembuatan Database Relation
2. Desain Form
3. Ujicoba


Tahap 1 Pembuatan Database Relation
a. Pembuata database dan relasi tabel
b. Struktur Tabel Gejala

c. Struktur Tabel Penyakit

d. Struktur Tabel Role

e. Struktur Tabel Pasien

f. Struktur Tabel Diagnosa

g. Selesai ...tahap pembuatan database dan tabel n relasi tabel selesai


Tahap 2 Desain Form Frontend dan Backend

Halaman BackEnd (Akses Untuk Admin)

a. Form Utama Halaman Administrator
Pada form ini dimana seorang administrator dapat menambah data gejala, penyakit dan pembuatan role untuk sistem pakar yang akan dibangun

b. Form Gejala
Pada form ini admin dapat menambah, mengedit dan menghapus data gejala

c. Form Penyakit
Pada form ini admin dapat menambah, mengedit dan menghapus data penyakit

d. Form Role
Pada form ini admin dapat menambah, mengedit dan menghapus data role serta yang paling utama menyetting nilai gejala untuk penyakit

Tahap 3 Uji Coba Yaitu Halaman FrontEnd (Akses Untuk Pasien atau untuk public)

a. Halaman home
Halaman home akan tampil pertama sekali sewaktu pasien menjalankan aplikasi ini, di sebelah kiri terdaftar link
data gejala = > untuk menampilkan data-data gejala yang sudah di input oleh admin sebelumnya
data penyakit = > untuk menampilkan data-data penyakit yang sudah di input oleh admin sebelumnya
data diagnosa = > untuk pasien melakukan diagnosa , tapi sebelum diagnosa pasien registrasi dulu

b. Halaman Registrasi Pasien

c. Halaman Penelusuran Gejala Yang Dialami Pasien
Pada halaman ini , pasien dapat mencheck list gejala-gejala apa saja yang dialaminya untuk didiagnosa nantinya jenis penyakit kulit apa yang dialami pasien tersebut

d. Halaman Perhitungan CF Penyakit Pasien
Pada halaman ini akan ditampilkan nilai-nilai CF penyakit dari gejala yang dimiliki oleh pasien tersebut, nilai cf sengaja ditampilkan untuk penyakit yang memiliki relasi ke gejala dan nilai yang tertinggi mengindikasikan bahwa pasien tersebut lebih condong ke jenis penyakit kulit tersebut


SELESAI ...Untuk perhitungan nilai CF dari tiap penyakit dapat dilihat pada perhitungan diatas..


Cara Mendapatkan Nilai RGB Dari Images Dengan VB.NET

Berikut source code cara mendapatkan nilai RGB dari images dan menampilkanya ke dalam toolbox listview dengan menggunakkan VB.NET

1. Siapkan toolbox dari setting begini

➱Button 1 setting namenya menjadi btnbrowse dan ubah teksnya Browse Images
➱Button 2 setting namenya menjadi btnok dan ubah teksnya menjadi Get RGB Value
➱Listview1 namenya tidak perlu di ubah tapi jika ingin diubah boleh saja tapi sesuaikan dengan code nantinya
➱TabsControl 1 ubah teksnya menjadi GET RGB Values Images
➱OpenFileDialog dan ubah namenya menjadi OFD
➱1 buah label dan ubah namenya menjadi lblsize
➱1 buah PictureBox dan ubah namanya menjadi pic1 SizeMode set menjadi StretchImage BorderStyle set menjadi Fixed3D Untuk Size setting menjadi 308,30

2. Setelah itu atur toolbook tersebut ke form menjadi seperti ini 



3. Copikan script berikut ke form


4. Selesai.. dan jalankan program, browse images terlebih dahulu lalu klik button Get RGB Value,
   maka akan mendapatkan hasil seperti ini

Memmasukkan Inputan Teks Ke ListView Di VB.NET

Cara memasukkan inputan teks ke listview dengan vb.net adalah sebagai berikut ?

1. Siapkan toolbox teks sebanyak 3 buah , 1 button dan 1 listview
   buat nama toolbox tersebut seperti ini
   buat nama formnya = frm
   textbox1 = t1
   textbox1 = t2
   textbox1 = t3
   button = btnok
   listview = ls


2. Buat desain formnya seperti ini


3. Copikan code berikut



4. Selesai dan jalankan aplikasi, input ke tiga teks tersebut dan click button ok maka hasilnya seperti  dibawah ini.

Teknik Auto Complete Untuk Pencarian Data

Auto complete maksudnya adalah bagaimana melakukan pencaria record dengan mengetikkan beberapa karakter di teks maka secara langsung script membaca record yang sesuai degan karakter yang diketikkan,


Untuk membuatnya dibutuhkan code javascript dan php, berikut scriptnya

Buat nama file index.html


Buat nama filenya ini get.php



Dan jika dijalankan, maka hasilnya seperti dibawah ini



Cara Mudah Membuat Design Form Login Dengan Boostrap

Berikut Cara membuat form login dengan boostrap dengan mudah , berikut sourcenya :



dan jika dijalankan di browser maka hasilnya seperti ini


dan jika  dijalankan di mobile maka tampilannya akan seperti ini





Cara Mudah Desain Form Komentar Di Blogger

Berikut langkah - langkah untuk membuat content keren komentar di blogger,


1. Login ke blogger

2. Pilih Menu Theme di sebelah kiri

3. Klik Edit HTML

4. Diantara tag <head> ....   </head>

5. Masukkan code ini



6. Dan ini hasilnya

Cara Ampuh Membuat Judul Postingan Di Label Blog

Berikut adalah cara ampuh membuat Judul postingan blog di label

berikut langkah - langkahnya :

1. Masuk ke layout template blogger click Add a gadget



2. Pilih dan click HTML/Javascript


3. Pada Form Html/JavaScript, copikan semua script ini



jadinya seperti ini kemudian save




Jangan lupa pada bagian paling bawah script yang ini ganti bagian-bagian script sesuai dengan nama label dan jumlah post yang mau di tampilkan di blog


var numposts = 5; ➱ jumlah post yang mau kamu tampilkan
NAMA LABEL KAMU  ➱ pada script diatas ganti dengan nama label yang kamu buat


4. FINISH dan refresh blog , contohnya seperti yang kotak merah di blog ini .


Membuat Layout Online Store Dengan Boostrap

Berikut hasil  desain layout online store menggunakkan boostrap


Dan jika dijalankan di mobile maka hasilnya seperti ini :



untuk scriptnya seperti ini :

Membuat Layout 1 Dengan Boostrap

Cara membuat layout navigasi, sidebar kiri - content- sidebarkanan - footer dengan boostrap


Dan jika dijalankan maka hasilnya seperti ini


dan jika di jalankan di mobile maka hasilnya akan seperti ini




Event Keyup Untuk Konversi Angka Ke Format Rupiah

Berikut adalah Bagaimana Cara Mengubah Angka Menjadi Format Uang Dengan JavaScript Den Boostrap, JavaScript,  gan Event Keyup,

Keyup adalah dimana sewaktu kita mengetik maka akan langsung memanggil fungsi yang mau dituju, pada contoh ini adalah mengubah angka ke format mata uang, contohnya jika kita input 13490005 maka akan menjadi 13.490.005

berikut adalah scriptnya :

Manual Perhitungan Algoritma Dan Aplikasinya